Press "Enter" to skip to content

Polres Sijunjung Apel Gelar Pasukan Operasi Keselamatan 2022

Polres Sijunjung melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Singgalang 2022, Selasa (1/3). Operasi Keselamatan tahun ini mengusuung tema “Melalui Operasi Keselamatan 2022 Kita Wujudkan Budaya Tertib Berlalu Lintas Guna Terciptanya Kamseltibcarlantas Kondusif Serta Dalam Upaya Memutus Rantai Penyebaran Covid-19”.

Kapolres Sijunjung AKBP Muhammad Ikhwan Lazuardi, menjelaskan Operasi Keselamatan 2022 digelar serentak di seluruh Indonesia selama 14 hari terhitung mulai tanggal 1-14 Maret 2022.

“Operasi ini bersifat cipta kondisi Kamseltibcarlantas yang kondusif dengan tujuan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk tertib, patuh, dan disiplin dalam berlalu lintas di tengah pandemi Covid-19,” jelasnya.

Kegiatan Operasi Keselamatan Singgalang 2022 ini lebih mengedepankan tindakan Preemtif dalam bentuk kegiatan sosialisasi dan imbauan agar dapat menimbulkan kesadaran pengguna jalan untuk disiplin serta taat terhadap aturan dalam berlalu lintas dan tentunya pada saat ini selalu mempedomani protokol kesehatan.

Selain itu pelanggaran ODOL (Over Dimensi, Over Loading) adalah kendaraan angkutan barang yang tidak sesuai ketentuan jenis angkutan melebihi dimensi/ruang angkutan atau kelebihan beban angkutan.

Dampak yang ditimbulkan oleh pelanggaran ini sangat membahayakan antara lain, berpotensi menimbulkan fatalitas korban kecelakaan lalu lintas, kerusakan infrastruktur jalan dan mengganggu kelancaran arus lalu lintas, serta penertiban modifikasi kendaraan hingga terjadi perubahan type dan menyebabkan pelanggaran ODOL.

“Hal tersebut dikategorikan sebagai tindak pidana yang melanggar Pasal 277 UU No 22 Tahun 2009 dengan ancaman hukuman satu tahun penjara dan denda Rp. 24.000.000,” tegasnya.

Kapolres mengatakan, peran dari instansi terkait yang membidangi transportasi Lalu Lintas dan Angkutan Jalan sangat berpengaruh bagi tercapainya target dan tujuan operasi.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *