Press "Enter" to skip to content

Kebakaran Hebat Di Depan Terminal Kiliran Jao, 12 Ruko Ludes Terbakar

Kebakaran hebat terjadi di depan terminal truk Kiliran Jao, Nagari Muaro Takung, Kecamatan Kamang Baru, Kabupaten Sijunjung, Provinsi Sumatera Barat, Senin malam (06/06).

Kebakaran diketahui oleh masyarakat sekitar Pukul 19.30 wib dan langsung menghubungi pemadam kebakaran yang bermarkas di Telabang Sakti dan datang sekitar 15 menit dari tempat kejadian.

“Begitu sampai di lokasi mobil pemadam langsung berjibaku dengan jilatan api membumbung tinggi karena tiupan angin menyambar dan membakar bangunan ruko yang sebagian dibuat dari material kayu,” ujar AKP Syafrudin Arif Kapolsek Kamang Baru saat ditemui di lokasi.

Lanjut Kapolsek saat kejadian sekira Pukul 19.30 wib Jalan Lintas Sumatera ditutup total, anggota turun dengan kekuatan penuh seluruh anggota Polsek dan Polantas dibantu oleh TNI, personel Kantor Camat, personel Perhubungan Terminal, serta Wali Nagari Muaro Takung beserta perangkat untuk mengatur lalu lintas dan menertibkan masyarakat yang ingin menonton, sedangkan kondisi lalu lintas pada saat itu sedang ramai ramainya baik dari arah Padang dan sebaliknya.

“Pemadaman dilaksanakan dengan kekuatan tiga unit mobil dari Pos Damkar Kamang Baru, Tanjung Gadang dan Sijunjung dibantu dua unit mobil Damkar Kabupaten Dharmasraya dan satu unit mobil tangki air PT UH Muaro Takung, setelah berjibaku selama kurang lebih empat jam sekira pukul 22.30 wib api sudah dapat dijinakkan lalu lintas dibuka tutup untuk menjaga kelancaran arus dan ketertiban, kemudian sumber api pada saat ini sedang proses penyelidikan petugas, korban terdampak ada 12 KK, 11 ruko dan satu lapak kaki lima, kerugian material ditaksir sementara kisaran empat milyar,” kata Arif didampingi Parijal J. Dt. Bagindo Sutan (Datuk Pucuk) Ninik Mamak dan Apriyanto mantan Kepala Terminal Kiliran Jao.

Camat Kamang Baru Nasruddin menyampaikan saat terjadi musibah kebakaran pihaknya menghubungi Bapak Bupati beserta perangkat pendukung segera menurunkan tim reaksi cepat untuk melayani korban terdampak.

“Bapak Bupati Benny Dwifa Yuswir sedang berkegiatan di Padang dan berpesan pada kami agar segera diadakan penanganan dan pelayanan maksimal terhadap korban kebakaran dengan mempersiapkan tenda hunian sementara di terminal truk malam itu, sedang untuk memenuhi kebutuhan makanan disiapkan makanan cepat saji, kemudian untuk anak korban yang masih sekolah dan ujian kepada pihak sekolah untuk memberikan motivasi dan dorongan agar mereka mempunyai semangat belajar” ujar Camat

Lanjut Nasruddin dari Pendataan sementara akibat Kebakaran ini ada sekitar 11 Ruko dan 1 gerobak Kaki lima ludes terbakar kerugian material ditaksir lebih kurang empat milyar dan korban jiwa nihil.

Dengan musibah kebakaran ini kami atas nama pemerintah mengucapkan terima kasih kepada seluruh Forkopincam dan tokoh masyarakat yang sudah bahu membahu mengatasi kebakaran ini, khususnya kepada petugas kebakaran yang sudah berjuang maksimal kami mengapresiasi kerja keras saudara dan kepada masyarakat terdampak harus tetap semangat karena janji Allah setiap ada musibah pasti ada hikmah, dan kepada masyarakat Kamang Baru untuk lebih waspada terhadap bahaya kebakaran, kalau beraktivitas yang terkait api pastikan bahwa api yang sudah digunakan betul betul padam.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *