Press "Enter" to skip to content

Satreskrim Polres Sijunjung Berhasil Bekuk Pelaku Curanmor Kurang Dari Dua Jam

Petualangan Codet dan Tolip untuk melakukan aksi tindak pidana pencurian kendaraan roda empat diakhiri oleh Tim Opsnal Satreskrim Polres Sijunjung. Kawanan residivis ini dibekuk di wilayah Kota Solok. “Benar, pelaku ditangkap di wilayah Kota Solok.” kata Kasatreskrim, AKP Abdul Kadir Jailani.

Bravooo!!! Pelaku Pencurian Kendaraan Roda 4 (Residivis) di Sijunjung Kembali di Hadiahi Timah Panas

Kasatreskrim mengatakan, penangkapan pelaku berdasarkan Laporan Polisi Nomor : LP/B/67/VI/2021/SPKT/Polres Sijunjung/Polda Sumbar, tanggal 24 Juni 2021 tentang tindak pidana pencurian kendaraan roda empat (Mitsubishi L300) dan Laporan Polisi Nomor : LP/B/17/VI/2021/SPKT/Polsek Sumpur Kudus/Polres Sijunjung/Polda Sumbar, tanggal 24 Juni 2021 tentang tindak pidana pencurian kendaraan roda empat (Mitsubishi Cotl T 120SS).

Kejadian diketahui korban saat mendengar mobil mereka yang sedang terparkir di depan rumah dihidupkan dan dibawa oleh orang tak dikenal, korban sudah berusaha mengejar dan berteriak akan tetapi mobil tersebut sudah melaju kencang, selanjutnya korban menghubungi Polres Sijunjung dan memberitahukan kejadian pencurian yang baru saja terjadi.

Gerak cepat Tim Opsnal langsung mencegat kendaraan tersebut pada saat ingin memasuki wilayah Kota Solok, akan tetapi pengemudi mobil tersebut tidak mau menghentikan kendaraan malah ingin menabrakkan mobil yang dikendarai ke arah anggota Tim. Pada saat laju Mitsubishi L300 tersebut bisa dihentikan petugas, pengemudi mobil tersebut berusaha kabur dan melarikan diri dengan cara membuka pintu mobil dan melompat keluar pada saat kendaraan masih berjalan.

Dalam waktu 1 jam, pukul 03.20 wib, akhirnya Tim berhasil mengamankan “Codet” yang merupakan pelaku pencurian Mitsubishi L300 yang sebelumnya sempat melarikan diri dan diberikan tindakan tegas terukur oleh anggota Tim Opsnal Satreskrim Polres Sijunjung.

Dari pengakuan Codet, bawa benar mobil yang dikendarainnya tersebut baru saja ia curi di Jorong Kampung Baru, Nagari Sijunjung Kabupaten Sijunjung dan akan dibawa ke daerah Solok. Selanjutnya anggota Tim menginterogasi Codet guna mendapatkan informasi komplotan yang membantunya dalam melakukan aksi pencurian mobil tersebut.

Dari hasil pendalaman, anggota Tim akhirnya anggota mengantongi nama rekan yang membantu aksi pencurian tersebut, tidak ingin berlama-lama Tim langsung bergerak ke daerah Kacang, Singkarak, Kabupaten Solok.

Benar saja ternyata rekan Codet, “Tolip” yang membantu Codet dalam melakukan pencurian mobil tersebut sedang menunggu Codet di pinggir jalan Danau Singkarak. Melihat keberadaan Tolip, Tim langsung melakukan penangkapan.

Akan tetapi penangkapan tersebut tidak berjalan mulus, karen Tolip berupaya melarikan diri dan melawan petugas dengan mempersenjatai dirinya dengan sebilah pisau yang terselip di pinggangnya. Tindakan tegas terukur dari anggota agar tidak membahayakan terhadap orang lain dan anggota itu sendiri, Tolip akhirnya dapat diamankan berikut barang bukti mobil hasil curian serta kendaraan sepeda motor yang digunakan oleh pelaku.

Codet dan Tolip mengakui perbuatan pencurian yang mereka lakukan di Kumanis, Sumpur Kudus Kabupaten Sijunjung beberapa waktu yang lalu dengan barang bukti satu unit Mitsubishi Colt T 120SS warna putih, akan tetapi mobil tersebut ditinggal dipinggir jalan, selanjutnya Codet dan Tolip dapat melarikan diri.

Setelah kedua pelaku tersebut diamankan dan barang bukti dikumpulkan, Tim Opsnal yang dipimpin langsung Kasatreskrim Polres Sijunjung membawa pelaku dan barang bukti ke Mapolres Sijunjung guna dilakukan pengembangan dan proses hukum lebih lanjut.

Menyikapi maraknya pencurian kendaraan di berbagai wilayah hukum Polda Sumbar, Tim Opsnal Satreskrim akan meningkatkan patroli pada jam rawan di wilayah hukum Polres Sijunjung.

”Menyikapi maraknya pencurian kendaraan, guna meminimalisir dan mempersempit ruang gerak serta niat pelaku pencurian kendaraan, kami Tim Opsnal Satreskrim Polres Sijunjung ke depannya akan terus meningkatkan patroli pada jam rawan di wilayah hukum Polres Sijunjung.” pungkas AKP Abdul Kadir Jailani (DFM)

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *