Press "Enter" to skip to content

Kapolres Sijunjung: Babinsa dan Bhabinkamtibmas Jadi Kunci Penanganan Covid-19

Kapolres Sijunjung : Babinsa dan Bhabinkamtibmas Jadi Kunci Penanganan Covid-19

Dalam kegiatannya sebagai narasumber pada acara Monev Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19 di Gedung  Pertemuan Pancasila, Kapolres Sijunjung menegaskan bahwa Babinsa dan Bhabinkamtibmas akan membantu Pemerintah Kabupaten Sijunjung agar terbentuknya sistem yang baik dalam penanganan Covid-19 di Kabupaten Sijunjung, Kamis (17/6/21).

Babinsa dan Bhabinkamtibmas akan diberikan tugas sebagai seorang tracer atau orang yang melakukan tracing. Keberadaan anggota keamanan yang tersebar di setiap desa itu diminta untuk membantu tenaga kesehatan dalam melakukan identifikasi jika ada masyarakat yang terpapar Covid-19.

Pemanfaatan Babinsa dan Bhabinkamtibmas sebagai tracer diharapkan bisa mempercepat penanganan. Pendekatan yang dilakukan juga lebih persuasif, dengan bantuan dari ketua RT, informasi masyarakat dan termasuk koordinasi dengan dinas kesehatan. Menurut Kapolres Sijunjung AKBP Andry Kurniawan, tracing tidak bisa berdiri sendiri. Tentu ada kerjasama dengan Satgas di tingkat nagari, kecamatan maupun kabupaten.

Tugas Bhabinkamtibmas juga cukup luas, selain berperan sebagai tracer untuk penanganan pandemi, juga melakukan penertiban pelaksanaan protokol kesehatan di masyarakat. Kemudian melakukan koordinasi jika ada satu rumah yang terkonfirmasi positif, tindakan apa yang harus dilakukan. Kebutuhan sandang pangan untuk keluarga yang sedang melakukan isolasi akan dipenuhi Bhabinkamtibmas bekerjasama dengan pihak desa.

Kapolres Sijunjung juga mengapresiasi sinergitas yang dibangun antara pemerintah daerah dengan TNI dan Polri selama ini.

“Sinergitas antar OPD yang tergabung dalam Satgas Covid-19 Kabupaten Sijunjung bersama-sama dengan TNI-Polri, ini merupakan kunci sukses penanggulangan pandemi Covid-19.” tegasnya.

Sebelumnya diberitakan, pemerintah akan meningkatkan upaya 3T atau testing, tracing, dan treatment untuk menekan angka penularan Covid-19.

Upaya itu salah satunya dilakukan dengan Babinsa serta Bhabinkamtibmas dalam penelusuran kontak dekat pasien Covid-19 atau tracing.

Hal ini disampaikan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto usai mengikuti rapat kabinet terbatas bersama Presiden Joko Widodo dan menteri terkait di Istana Negara, Jakarta, Rabu (3/2/2021). (DFM)

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *