Press "Enter" to skip to content

Sosialisasikan Peraturan Kapolri Nomor 1 Tahun 2009, Bidkum Polda Sumbar Sambangi Polres Sijunjung

Polres Sijunjung menerima kedatangan tim dari Bidkum Polda Sumbar, Kamis (17/06) siang. Kedatangan tim tersebut adalah dalam rangka sosialisasi Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2009 tentang penggunaan kekuatan dalam tindakan kepolisian.

Sebagai ketua tim adalah Kompol Ediwarman dari Bidkum Polda Sumbar yang didampingi dua anggota. Wakapolres Sijunjung Kompol Andi Sentosa mengucapkan selamat datang kepada tim dan berharap nantinya sosialisasi yang diberikan dapat memberikan pencerahan bagi seluruh anggota terutama yang memegang senjata api.

“Dalam melaksanakan tugas di lapangan sering dihadapkan pada situasi yang mendesak, sehingga perlu adanya penggunaan kekuatan dalam tindakan kepolisian.” ujar Wakapolres.

Kompol Ediwarman menjelaskan tujuan dilakukan sosialisasi Perkap Nomor 1 Tahun 2009 adalah supaya membentuk sosok Polri yang humanis, berwibawa dan profesional, khususnya dalam pelayanan unjuk rasa.

“Ketika personel melakukan tindakan kekerasan sering menjadi sorotan dan perbincangan hangat di tengah masyarakat, dan jika terjadi korban kekerasan sering kali luput dari perhatian seringkali terabaikan.” jelasnya.

Untuk menghindari dan meminimalisir terjadinya situasi tersebut, personel Polres Sijunjung harus paham Peraturan Kapolri Nomor 1 Tahun 2009 tentang Penggunaan Kekuatan dalam Tindakan Kepolisian.

Dengan mengacu pada prinsip-prinsip penggunaan kekuatan dalam tindakan kepolisian, maka secara sederhana dapat disimpulkan bahwa Polri dalam melaksanakan tugasnya berupa penggunaan kekuatan dalam tindakan kepolisian dengan mempedomani prinsip dalam Perkap tersebut.

Kegiatan yang dilangsungkan di gedung Jana Nuraga Polres Sijunjung itu dihadiri oleh seluruh pejabat utama Polres Sijunjung, para Kapolsek, perwira dan bintara Polres Sijunjung. Adapun bagi personel yang bertugas di fungsi Reskrim, tim memberikan semacam tes tertulis guna mengukur kemampuan personel setelah pelaksanaan sosialisasi.

 

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *