Press "Enter" to skip to content

Silaturahmi Kamtibmas, Kapolres Sijunjung Kunjungi Nagari Sumpur Kudus

Dalam suasana normal baru, Kapolres Sijunjung AKBP Andry Kurniawan mengunjungi Nagari Sumpur Kudus pada Sabtu (11/7/2020).

Didampingi sejumlah perwira yang terdiri dari Kasatintelkam, Kasatreskrim, Kasatbinmas, dan Kabagsumda, rombongan Kapolres disambut Forkopincam Sumpur Kudus bersama Wali nagari se
Kecamatan Sumpur Kudus serta tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda dan Bundo Kanduang.

Wali Nagari Sumpur Kudus, Syarijal menyampaikan ucapan terima kasih pada Kapolres dan rombongan atas kunjungan tersebut. Ia menyampaikan harapannya pada Kapolres untuk menempatkan beberapa petugas di wilayah Nagari Sumpur Kudus untuk keamanan, serta mengantisipasi kenakalan remaja dan tindak kriminalitas lainnya.

“Nagari yang berada di aliran Batang Sumpur terdiri dari Nagari Sumpur Kudus, Silantai, Unggan dan
Manganti. Karena tingginya tingkat kenakalan dan kriminalitas, kami sangat berharap agar Bapak Kapolres menempatkan personel jika pos polisi akan dibangun di wilayah aliran Batang Sumpur. Harapan kita dengan adanya petugas, tindak kriminal dan kenakalan remaja bisa diredam, serta mampu menjaga kamtibmas,” sebut Wali Nagari.

Salah satu tokoh masyarakat setempat bercerita tentang Sumpur Kudus yang merupakan nagari tertua di Kabupaten Sijunjung. Menurut sejarah, Islam masuk ke Sumpur Kudus dibawa oleh Syech Ibrahim pada abad ke 12.

“Sumpur Kudus memiliki banyak sejarah penting, diantaranya menjadi tempat bagi Raja Ibadat di alam Minangkabau. Kemudian Sumpur Kudus pernah menjadi tempat dilakukannya rapat oleh petinggi negara saat darurat, yakni Syafrudin Prawira Negara, sehingga berdiri tugu PDRI,” ulas tokoh masyarakat itu singkat.

Sementara itu Kapolres Sijunjung, AKBP Andry Kurniawan, S.I.K., M.Hum., dalam sambutannya mengajak seluruh masyarakat untuk ikut berperan dalam menjaga situasi Kamtibmas. Karena merupakan tanggung jawab bersama.

“Walaupun Polri merupakan leading sector dan ujung tombak dalam antisipasi keamanan, namun jika tidak ada peran aktif masyarakat, semua itu tak akan berhasil. Peran para ninik mamak dan tokoh masyarakat merupakan modal dasar dalam menjamin kerukunan di masyarakat,” sebut Kapolres.

Kemudian Kapolres Sijunjung menitipkan Bhabinkantibmas agar diberdayakan untuk menangani persoalan yang terjadi di nagari. Ia menyebut, khusus di Sumpur Kudus akan dibangun Sub Sektor dari Polsek Sumpur Kudus.

“Terhadap warga yang melanggar hukum hindari main hakim sendiri, dan jika ada masalah, budayakan azas musyawarah dengan memberdayakan FKPM dan Bhabinkantibmas serta Babinsa (TNI) di masing-masing Nagari.

Terhadap isu illegal loging mari kita menanam pohon kembali antisipasi banjir dan longsor pada musim hujan,” ujarnya.

Terkait dengan normal baru dan juga masa Pilkada, Kapolres mengimbau masyarakat untuk tetap memperhatikan pola hidup bersih dan sehat.

Terlebih dalam masa-masa jelang Pilkada, Kapolres mengajak masyarakat untuk tidak percaya berita dan isu-isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan yang dapat memecah belah persatuan bangsa.

(*)Artikel asli

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *