Press "Enter" to skip to content

Masuk Era New Normal, Wajib Tetap Pakai Masker di Mobil! Ini Alasannya

Pemerintah Indonesia mewajibkan untuk menggunakan masker pada masa New Normal setelah pemberlakuan PSBB di beberapa daerah selesai.

Penggunaan masker dinilai mencegah penularan Covid-19 selama aktivitas masyarakat dalam masa New Normal.

Tidak terkecuali saat berkendara atau berada di dalam mobiln dalam masa New Normal, Anda diwajibkan untuk tetap menggunakan masker.

“Sewaktu berbicara saja sebenarnya ada droplet yang keluar dari mulut, berisiko menjadi sumber penularan virus di dalam mobil,” ujar Dokter Ratih Rosalina dari Iora Dermatology Clinic kepada GridOto.com.

Lanjutnya, droplet ini bisa menempel di bagian interior mobil yang sering disentuh seperti setir, door trim, atau dashboard.

“Kalau sudah menempel sangat mungkin menularkan virus ke orang lain yang hendak kembali menggunakan mobil tersebut,” tekan Dokter Ratih.

Tambah Dokter Ratih, perlu menjadi perhatian juga bahwa kabin mobil menjadi area dengan sirkulasi udara yang tertutup.

“Apalagi saat AC aktif, droplet baik dari mulut atau aktivitas keluar masuk mobil rentan berputar di sekitar kabin mobil,” jelas Dokter Ratih.

Menurut Dokter Ratih, penggunaan masker di dalam mobil mencegah droplet yang berpotensi sebagai penularan virus langsung terhirup hidung atau mulut.

“Bukan berarti di dalam mobil aman tidak pakai masker, bisa saja dari orang di dekat kita atau diri sendiri yang menjadi penyebab penularan melalui droplet kalau tidak pakai masker,” tegas Dokter Ratih.

 

 

Artikel Asli

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *