Press "Enter" to skip to content

Kadang Diabaikan, Ini Pentingnya Jaga Jarak Saat Berkendara Menggunakan Motor

Mengendarai motor memang butuh keterampilan, karena motor stabil tapi tidak balance. Jika terjatuh, banyak kemungkinan yang bisa terjadi pada pengendara, baik itu luka ringan, berat, atau bahkan meninggal dunia.

Salah satu kondisi yang bisa menghilangkan keseimbangan motor yakni jalanan licin. Nah, antisipasi saat berkendara itu penting jika melewati jalan licin.

Pasalnya, jika tidak mengantisipasi, ban motor akan kehilangan cengkraman dan terjatuh saat melewati jalan tersebut.

Jusri Pulubuhu, Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) menjelaskan bagaimana caranya kita mengantisipasi terjadinya kecelakaan saat berkendara.

“Untuk mengantisipasi kecelakaan saat berkendara menggunakan motor, pandangan itu harus luas ke depan,” ujar Jusri saat dihubungi GridOto.com, Kamis (4/6/2020).

Misalnya, di depan kita ada tumpahan oli yang membuat jalan jadi licin, dengan antisipasia yang baik kita dapat mengurangi kecepatan kendaraan secara perlahan.

Selain itu, menjaga jarak dengan kendaraan yang berada di depan kita juga enggak kalah penting.  “Jika mepet dengan kendaraan yang berada di depan, jarak pandang kita jadi kecil. Akibatnya, kita tidak bisa mengantisipasi rintangan apa yang ada di depan,” jelasnya.

Apalagi kalau di depan kita itu bus atau truk yang secara dimensi sangat besar. Penglihatan kita akan jalan yang berada di depan sudah pasti terhalang jika terlalu mepet.

“Jika dirasa sudah terlalu mepet, bisa diantisipasi dengan mengurangi kecepatan. Tapi juga harus dilakukan secara perlahan, jangan sampai mendadak,” tandas Jusri. Nah, dengan begitu jarak pandang akan jalanan yang berada di depan kita bisa menjadi luas sob.

Ingat ya sob, keselamatan itu nomor satu, selalu berhati-hati saat berkendara.

 

 

dilansir dari gridoto.com

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *