Transmisi otomatis menjadi salah satu teknologi lanjutan dari sebuah sistem transmisi mobil untuk menunjang kenyamanan berkendara.
Salah satu perdebatan yang masih banyak dibicarakan adalah posisi tuas transmisiotomatis harus di D atau N saat berhenti di lampu merah.
Bagaimana sebaiknya posisi tuas transmisimatik saat sedang berada di lampu merah, D atau N?
“Baik di D atau N sebenarnya tidak ada dampak secara signifikan yang memengaruhi keseluruhan kinerja transmisiotomatis,” buka Hermas Efendi Prabowo, pemilik bengkel spesialis Worner Matic kepada GridOto.com.
Saat rem ditekan dalam posisi transmisi siap jalan (D, 3, 2, L, S, atau M), laju roda dan as roda akan tertahan yang juga menahan gerak kopling (clutch) planetary gear di dalam gearbox setelah bagian torque converter.
“Turbin ini seharusnya berputar oleh tekanan oli transmisi dari impeller yang memompa oli transmisi mengikuti putaran mesin,” lanjut Hermas.
Be First to Comment