Press "Enter" to skip to content

Sosialisasi Pemantapan Pemilu 2019 bersama KPU, Kasatintelkam Polres Sijunjung tampil sebagai narasumber

Tanjung Gadang – Rabu 13 Maret 2019 bertempat di gedung UDKP Kecamatan Tanjung Gadang telah dilaksanakan kegiatan Sosialisasi Pemantapan Pemilu Serentak Tahun 2019 terhadap Aparatur Pemerintah Kecamatan, Nagari, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, Organisasi Wanita, Ketua PPK dan Ketua Panwascam di Kecamatan Tanjung Gadang.

Moto kegiatan tersebut adalah “Melalui Sosialisasi Kita Ciptakan Pemilu Damai, Demokratis dan Bermartabat”.

Kegiatan tersebut dihadiri Kabidpoldagri Kesbang Pol Prov. Sumbar Drs. Syahlaludin, Kesbang Pol Kab. Sijunjung diwakili Yan Hadian, Kasatintelkam Polres Sijunjung Iptu Asrol Hendra, Serka Armen anggota Koramil 09 Tanjung Gadang dan anggota Staf Teritorial Kodim 0310/SS Serka Kisworo. Bawaslu Kab. Sijunjung diwakili Agus Rahman Staf Kordiv SDM Sijunjung, KPU Kab. Sijunjung diwakili oleh Fahrul Rozi Burda. Lc.M.ud, Forkopimcam Kec. Tanjung Gadang, Aparatur Pemerintahan Kec. Tanjung Gadang, Wali Nagari, Tomas Toda, Organiasi Wanita, Ketua PPK dan Ketua Panwascam se Kec. Tanjung Gadang.

Yan Hadian dari Kantor Kesbangpol Kabupaten Sijunjung menyampaikan tujuan dari kegiatan sosialisasi ini adalah untuk meningkatkan pemahaman terhadap semua tahapan Pemilu 2019. Yan Hadian juga menambahkan bahwa kegiatan tersebut juga untuk meningkatkan peran aktif penyelenggara dan stakeholder serta partisiapsi pemilih pada Pemilu 2109.
“Selain itu hal ini juga untuk meningkatkan komunikasi, menyampaikan dan mensyiarkan kepada masyarakat hasil sosialisasi.” tambahnya.

Pembukaan Sosialisasi sendiri dilakukan oleh Sekcam Tanjung Gadang.

Penyampain materi tahapan Pemilu oleh Kabid Poldagri Prov. Sumbar di antaranya adalah mengenai pengenalan surat suara ada lima lembar untuk pemilu 2019. Penjelasan tahapan pemilu yang sudah dilewati dan akan dihadapi, pemaparan DPT Pemilu 2019 serta peran linmas atau petugas ketertiban TPS sebagai pam TPS dan kalau tidak bisa diatasi baru minta bantuan TNI/ Polri.

“Hati-hati dengan berita hoax yang menimbulkan fitnah” ujarnya.

Penyampaian Materi dari Polres Sijunjung yang diwakili oleh Kasat Intelkam Polres Sijunjung membahas tentang pengamanan kegiatan mulai dari tahapan awal Pemilu 2019.

Penyampaian dari Kodim 0310/SS oleh Serka Kisworo Staf Teritorial Kodim 0310 SSD tentang peran TNI terhadap pengamanan teritorial penyelenggaraan Pemilu 2019.

Penyampaian tupoksi TNI secara umum, permasalahan Pemilu 2019, penyusunan daftar DPT syarat memilih adalah terdaftar dalam pemilih dan e-KTP dan pelanggaran kampanye juga tidak lupa disampaikan.

Selanjutnya beberapa faktor penyebab kerawanan dalam tahapan Pemilu 2019, profesionalitas penyelenggara Pemilu, petugas penyelenggara tidak maxsimal dalam tugas pencocokan penelitian data juga ikut dibahas.

“Kondisi politik dan sosial jelang pemungutan suara, berita hoax, pengadaan dan pendistribusian logistik pemilu tidak tepat waktu, penghitungan suara, penetapan hasil perolehan suara” harus sama-sama kita antisipasi, ujarnya.

“Netralitas TNI/Polri dalam Pemilu 2019 harga mati.” pungkasnya.

Kemudian penyampaian materi oleh KPU Kab. Sijunjung di antaranya daftar pemilih DPT, DPTb dan DPK, alur pemungutan suara, penyelenggara di TPS adalah KPPS, Saksi dan Penyelenggara TPS, tata cara pencoblosan pada surat suara.

Pengumuman di TPS terhadap calon legislatif yang tidak memenuhi syarat serta penghitungan suara. Kegiatan berakhir pada pukul 14.30 wib dan diikuti oleh 75 orang peserta.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *