Press "Enter" to skip to content

Pohon besar tumbang di Buluh Rotan, Jalan Raya Sijunjung – Tanah Datar terputus

Jalan provinsi yang menghubungkan Kabupaten Sijunjung dengan Kabupaten Tanah Datar, tepatnya di Jorong Buluh Rotan, Nagari Guguk, Kecamatan Koto VII, Kabupaten Sijunjung putus total. Pasalnya, sebuah pohon besar yang tumbuh di tepi jalan tersebut, tumbang pada Minggu, 3 Maret 2019 dini hari.

Masyarakat setempat mengenal pohon besar ini dengan sebutan pohon kayu hujan, diperkirakan sudah berusia ratusan tahun. Beruntung pada kejadian tersebut tidak ada korban jiwa, walaupun satu unit rumah warga setempat rusak berat setelah tertimpa batang pohon tersebut.

Salah seorang warga, Rahmat, menyebutkan sempat mendengar bunyi gemuruh saat kejadian pohon tumbang tersebut dan mengira bahwa itu sebuah kecelakaan lalu lintas. “Saya berpikir awalnya itu bunyi suara kecelakaan di jalan, begitu keluar rumah, ternyata pohon besar itu yang tumbang ke jalan raya” ujar Rahmat.

Rahmat pun memberikan informasi tersebut kepada pihak terkait supaya mendapatkan penanganan yang maksimal. Aparat kepolisian dari Polsek Koto VII, BPBD Kabupaten Sijunjung, bersama masyarakat setempat membantu membersihkan ruas jalan dan rumah warga yang tertimpa batang pohon tersebut.

Mengingat besarnya diameter pohon yang tumbang tersebut, Kapolsek Koto VII Iptu Yuliza Herman segera berkoordinasi dengan BPBD dan Dinas PUPR untuk mendatangkan satu unit alat berat ke lokasi kejadian. Sekitar pukul 10.30 wib, satu unit alat berat jenis excavator didatangkan ke lokasi untuk memaksimalkan pekerjaan membersihkan material dan membuka jalan.

Sementara itu bagi pengendara yang hendak menuju Kabupaten Tanah Datar maupun sebaliknya, diarahkan melewati jalan alternatif masuk ke simpang Guguk yang nantinya tembus di Nagari Tanjung dan keluar di kelok riak.

“Pada pukul 17.30 wib, jalan lintas ini sudah bisa dilewati kembali secara normal” pungkas Kapolsek.

courtesy: teuku_ravaz

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *