Press "Enter" to skip to content

Kabagops Polres Sijunjung hadiri Rapat Pleno Penetapan DPT Kabupaten Sijunjung

Kabagops Polres Sijunjung Kompol R Sihombing menghadiri rapat pleno penetapan DPT (Daftar Pemilih Tetap) Pemilu 2019 Kabupaten Sijunjung yang bertempat di Aula KPUD Kabupaten Sijunjung, Senin 10 Desember 2018.

Rapat Pleno tersebut dipimpin oleh Ketua Komisioner KPU Kabupaten Sijunjung, Lindo Karsyah serta dihadiri oleh anggota Komisioner KPU, anggota Bawaslu Kabupaten Sijunjung, Riki Minarsah, serta perwakilan partai politik peserta Pemilu 2019.

KPUD Kabupaten Sijunjung mengumumkan DPT masing-masing kecamatan dan memberikan waktu kepada partai politik untuk sanggahan.

Dalam sesi tanya jawab Kabagops Kompol R Sihombing menanyakan persoalan umur pemilih saat pencoblosan berumur 17 tahun. “dimana sekarang ini belum cukup 17 tahun, apa solusi yang telah dibuat,” ujar Kompol R Sihombing.

KPU Kabupaten Sijunjung melalui Divisi Hukum menjelaskan bahwa saat ini sudah ada data-data pemilih yang berumur 17 tahun pada 17 April 2018 (sudah dapat memilih) pada DPT yg akan ditetapkan. DPT awal 152.000 dan DPT yang akan ditetapkan menjadi 156.361.

“Sudah ada data-datanya di DPT yang akan disahkan sehingga pada saat pencoblosan sudah data-data orangnya” ujar Ketua KPU Lindo Karsyah.

Kemudian pada saat pencoblosan 17 April 2019 nanti masyarakat yang tidak dapat mencoblos di daerah pemilihannya, maka masyarakat tersebut dapat meminta surat keterangan dari daerah pemilihannya untuk dapat melakukan pemilihan di daerah tujuan, tetapi apabila sangat mendesak tidak dapat meminta surat keterangan maka yang bersangkutan hanya boleh memilih Presiden dan Wakil Presiden, sedangkan DPD, DPR tidak diperbolehkan.

“Setelah seluruh peserta sidang menyetujui penjelasan dari KPU Kabupaten Sijunjung, akhirnya DPT (Daftar Pemilih Tetap) disahkan” pungkas Kompol R Sihombing.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *